Tempat Rekreasi Jakarta - Jarang Cuti? Ini Dampak Negatif Nya




Tempat Rekreasi Jakarta
Tempat Rekreasi Jakarta


Tempat Rekreasi Jakarta - Jangan anggap sepele untuk tidak mengambil waktu cuti Anda. Pasalnya, ada dampak buruk yang akan Anda alami jika terus-terusan bekerja dan tidak mengenal waktu istirahat.

Berapa lama waktu yang Anda gunakan untuk liburan dalam setahun? Tidak ada? Apakah Anda hanya beristirahat di akhir pekan saja? Apakah jatah cuti Anda sudah menumpuk dari tahun ke tahun? Hati-hati, jangan sampai hangus!


Sebelum Anda berpikir untuk menjadi workaholic lagi di tahun depan, coba pertimbangkan dulu untung-ruginya untuk diri sendiri. Apa sih yang Anda kejar? Bonus yang besar? Promosi? Apakah Anda hanya tidak bisa cuti karena tenggelam dalam rutinitas? Apa pun alasannya, Anda harus tahu bahwa bekerja tanpa istirahat bisa menyebabkan dampak negatif pada kesehatan mental dan fisik. Berikut penjelasan seperti disarikan dari Qz.com.

Dampak negatif pada fisik
Tempat Rekreasi Jakarta
Tempat Rekreasi Jakarta


Ada hubungan yang kuat antara orang yang tidak berlibur dan risiko penyakit jantung. Para peneliti di Framingham mengumpulkan data pola liburan ibu rumah tangga sejak tahun 1948 hingga 1991. Berdasarkan studi tersebut, ibu rumah tangga yang hanya berlibur sekali dalam dua tahun lebih berisiko terkena serangan jantung dibandingkan ibu rumah tangga yang mengambil cuti dua kali setahun. Ibu-ibu yang jarang cuti juga dibayangi risiko masalah jantung yang fatal.

Para pria yang jarang cuti juga tidak luput dari ancaman penyakit. Berdasarkan penelitian yang dilakukan American Journal of Epidemiology selama 50 tahun, pegawai pria dan wanita yang melakukan pekerjaan rata-rata 10 jam sehari –atau lebih- 80 persen berisiko terkena jantung koroner. Menurut para peneliti hal ini mungkin terjadi karena adanya kaitan masalah kesehatan akibat paparan stres psikologis yang lebih lama.

Dampak negatif pada pikiran

Institut Kesehatan Ketenagakerjaan Finlandia menemukan fakta bahwa orang-orang yang bekerja lebih dari 11 jam sehari dua kali berisiko mengalami depresi berat dibandingkan dengan mereka yang bekerja 7-8 jam sehari. Pegawai yang mengalami jam kerja panjang itu bisa mengalami depresi meski tidak memiliki masalah kesehatan mental sebelumnya.

Sementara itu, sebah studi yang dilakukan di Universitas Uppsala, Swedia pada 2013 mengemukakan bahwa orang yang berlibur dapat meningkatkan kesehatan mental orang-orang di sekitar mereka. Para periset juga menemukan fakta bahwa ketika lebih banyak orang yang berlibur, maka obat yang dijual lebih sedikit.

Dampak negatif pada pekerjaan

Sebuah studi tahun yang dilakukan oleh psikolog dari University of California pada 2012 menunjukkan bahwa peserta penelitian yang menghadapi masalah menunjukkan peningkatan solusi kreatif setelah membiarkan pikiran mengembara dalam waktu singkat. Sebaliknya, orang yang melakukan pekerjaan tanpa henti malah menghadapi kebuntuan. Organisasi Kesehatan Kerja Finlandia melakukan penelitian terhadap pekerjaselama lima tahun. Mereka mendapat data bahwa orang-orang yang bekerja dalam seminggu kerja 55 jam sepekan menunjukkan fungsi kognitif yang lebih rendah –terkait kosa kata yang buruk dan penalaran- dibandingkan dengan pegawai yang bekerja 40 jam.

Beberapa liburan melakukan lebih dari yang lain. Misalnya, liburan yang melibatkan penguasaan keterampilan baru, seperti berselancar atau yoga, sangat membantu dalam mengurangi kelelahan pada hari-hari setelah liburan Anda. Demikian juga, liburan yang membuat frustrasi atau konflik bisa menguras energi dan produktivitas.

Selain itu, liburan juga akan membawa manfaat lainnya. Misalnya, Anda bisa menguasai keterampilan baru seperti berselancar dan yoga. Liburan juga bisa mengurangi kelelahan dalam beberapa hari setelah Anda kembali masuk kerja.

Mungkin Anda masih merasa kalau dampak positif dari berlibur hanya sebentar. Kebahagiaan Anda akan pudar dalam beberapa hari setelah berkantor. Namun, menurut penelitian dari Universitas Tampere di Finlandia, cuti dan liburan akan memberikan dampak positif dalam jangka panjang. Jadi, mumpung ada kesempatan cuti bersama pekan depan, pergilah berlibur ke tempat yang menarik dan Anda suka.
Seperti Tempat Rekreasi Jakarta yang ada di World Of Wonders yang ada di Citra Raya Tangerang, terdapat banyak sekali wahana permainan yang bisa menghilangkan efek frustasi atau konflik saat anda bekerja.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Paket Wisata Tangerang - 5 Manfaat Orang Tua Bermain Bersama Anak

Rekreasi Bogor - Manfaat Bermain Bagi Anak Usia Dini

Rekreasi Bogor - 8 Tips Liburan Hemat Yang Gak Bikin Kantong Bolong