Wisata Keren Di Banten - Bermain Sambil Belajar & Belajar Sambil Bermain





Wisata Keren Di Banten - Bukan hanya menyenangkan, kegiatan bermain juga bermanfaat membangun kecerdasan anak, baik dari sisi kognitif, motorik, emosi, kreativitas, maupun sosial.

Aktivitas bermain memang identik dengan dunia anak-anak. Sejak baru dilahirkan pun, anak-anak sudah bisa bermain sesuai dengan tahapan usianya. Bayi yang sedang menyusu misalnya, sering terlihat sedang asyik memainkan ibu jarinya sendiri. Seiring pertambahan usia dan kemampuannya, anak pun akan semakin bebas mengeksplorasi dan bereksperimen dengan jenis permainan lain yang lebih menantang dan menyenangkan baginya. Berikut beberapa manfaat bermain bagi anak-anak?
Wisata Keren Di Banten
Wisata Keren Di Banten 

Mengasah keterampilan, memberikan kesenangan, dan ketenangan
 
Selain jenis permainan yang melatih kemampuan motorik (kejar-kejaran, memanjat, berenang, bersepeda, dll), ada juga jenis permainan yang berguna mengembangkan kreativitas (melukis, bermain musik, mewarnai, membuat kerajinan tangan, bermain playdough, dll), melatih kemampuan kognitif (bermain lego, puzzle, tebak gambar, dll), serta mengasah keterampilan bersosialisasi (bermain peran: menjadi dokter dan pasien atau ibu dan anak, main tamu-tamuan, bermain lompat tali secara bergantian, dll).

Sesuai dengan sifat bermain yang menyenangkan, bermain juga mempunyai efek menenangkan bagi anak-anak. Pengaruhnya besar sekali terhadap perkembangan emosi anak. Kala bermain, anak akan merasa nyaman dengan dirinya, mengembangkan kemampuan emosi—termasuk melatih cara menyalurkan emosinya secara adaptif, serta menjalin kedekatan hubungan dengan teman bermainnya melalui aktivitas yang menyenangkan.

Ciptakan kedekatan dengan orangtua
Bagaimana bila teman bermain anak adalah orangtuanya sendiri? Tentu keuntungan yang diperoleh akan berlipat-lipat. Bukan hanya terasa menyenangkan bagi Anda dan si kecil untuk saat ini, kedekatan anak dengan orangtua akan memberikan manfaat yang signifikan ketika anak memasuki masa pra-remaja kelak. Pada saat itu, berbagai masalah baru akan muncul dan menguji hubungan orangtua dan sang buah hati. Kualitas kedekatan Anda dan si kecil akan amat mempengaruhi cara Anda menjalani “ujian” tersebut.

Karenanya, sedini mungkin, sempatkan bermain dengan si kecil setidaknya 15 menit dalam sehari. Bagaimana cara bermain yang benar? Singkirkan keinginan untuk bersikap dominan dan memberikan sederet aturan pada aktivitas bermain. Biarkan anak memilih jenis permainan yang ingin dilakukan bersama ayah dan bundanya. Orangtua boleh saja menyumbang ide-ide untuk bermain, tetapi biarkan keputusan berada di tangan si kecil. Bebaskan arah permainan, karena mungkin saja di tengah permainan anak memiliki ide lain yang dianggapnya lebih seru.

Singkirkan juga keinginan untuk menyelipkan “pesan sponsor” berupa materi-materi pelajaran, seperti pengenalan warna, bentuk, angka, dan semacamnya. Ini waktunya bermain secara total, bukan permainan yang disisipi pelajaran. Nikmati kegiatan bermain dan lupakan sejenak tugas-tugas Anda. Bebaskan acara bermain dari selingan mengangkat telepon, menjawab pesan, atau memotret kegiatan anak untuk diposting di media sosial. Bukan hanya mengamati, Anda juga harus aktif terlibat dalam kegiatan bermain! Jangan gengsi bertingkah konyol di hadapan si kecil. Banyak-banyaklah memeluk dan ajak buah hati Anda berdialog dan tertawa bersama. Selamat bersenang-senang! 

Begitulah beberapa manfaat yang kita dapatkan jika mengajak buah hati kita belajar sambil bermain, Jika anda tahu sekarang sudah ada Wisata Keren Di Banten, Yaitu Wahana ThemePark World Of Wonders yang ada di Citra Raya, Tangerang.
Ajaklah buah hati beserta keluarga terkasih anda untuk mengunjungi WisataKeren Di Banten, dengan merasakan sensasi belajar sambil bermain di Wahana yang ada di World Of Wonders, untuk lebih lanjut silahkan kunjungi website resminya https://worldofwonders.co.id.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Paket Wisata Tangerang - 5 Manfaat Orang Tua Bermain Bersama Anak

Rekreasi Bogor - Manfaat Bermain Bagi Anak Usia Dini

Rekreasi Bogor - 8 Tips Liburan Hemat Yang Gak Bikin Kantong Bolong